Mengapa oli sintetis?

Mengapa oli sintetis?

Why synthetic oil

Oli sintetis memiliki 5 keunggulan utama daripada oli konvensional:

  • Ketahanan temperatur yang baik
      Temperatur yang tinggi dapat merusak oli konvensional, namun tidak untuk oli sintetis. Sehingga oli sintetis sangat direkomendasikan untuk cuaca panas dan juga untuk beban tinggi, mesin turbocharged, atau aplikasi yang berat.
  • Menyalakan mesin lebih mudah pada temperatur rendah
      Temperatur rendah yang ekstrem (-30° to -40° C) dapat membuat oli konvensional mengkristal, sementara. oli sintetis memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengalir pada temperatur rendah. 
  • Perlindungan mesin yang lebih baik 
      Saat pelumas tersirkulasi di mesin, beberapa komponen oli dapat terpotong oleh kecepatan tinggi mesin—konsekuensinya akan menipiskan dan mengencerkan oli. Pelumas sintetik memiliki ketahanan yang lebih baik melawan beban berat dibandingkan konvensional. Kemampuan ini membantu oli sintetik untuk mempertahankan tingkat viskositasnya, memungkinkan oli sintetis untuk memberikan perlindungan yang lebih baik pada kondisi ekstrem.
  • Konsumsi oli yang lebih rendah
      Pendidihan lebih jarang terjadi pada oli sintetik daripada oli konvensional. Oli sintetis hanya akan kehilangan sekitar 4% dari berat aslinya saat dijalankan pada suhu 400°C selama 6 jam. Jika dibandingkan dengan pelumas mineral yang kehilangan 30% bobot aslinya, kehilangan yang terjadi pada oli sintetis relatif kecil. Ini berarti oli sintetis memiliki konsumsi yang lebih rendah.
  • Mesin lebih bersih
      Tidak seperti oli mineral biasa, oli sintetis memiliki pertahanan yang lebih baik untuk tidak mudah tergeser dan rusak dengan mudah. Ini artinya, oli sintetis dapat memperlambat pembentukan kerak dan endapannya. Hal ini berarti jarak tempuh yang pendek ataupun suhu rendah tidak akan menyebabkan kerak dan endapan kerak dengan cepat, sehingga efisiensi pelumas dapat dipertahankan.

?? ?? ??