TOTAL Ramadan "Berbagi dan Berarti"

TOTAL Ramadan "Berbagi dan BerARTi“, Cara Unik PT TOTAL Oil Indonesia Berdayakan Karyawan dan Media Sebagai Mentor yang Membimbing Anak Yatim untuk Berkarya

JAKARTA, 23 Juni 2016 – Bulan suci Ramadan yang penuh berkah senantiasa dijadikan momentum untuk berbagi kasih, kebahagiaan, dan kebaikan sebagai wujud kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat yang kurang beruntung khususnya anak-anak yatim yang dimuliakan keberadaannya. Sebagai bagian untuk memaknai Ramadan Kareem, TOTAL yang merupakan perusahaan minyak dan gas multinasional terpadu terbesar keempat di dunia, memilih cara unik dalam memberikan sumbangsih kepada anak-anak yatim. Kegiatan yang diberi tajuk TOTAL Ramadan ‘Berbagi dan BerARTi’ yang digelar di Sport Stube, Pondok Indah Golf, Jakarta Selatan ini menjadi persembahan khusus di bulan Ramadan ini dari PT TOTAL Oil Indonesia, produsen pelumas asal Perancis yang mengusung Age Resistance Technology (ART) di Total Quartz, produk pelumas mesin mobil unggulannya.

Emmanuel Dujeu, Managing Director PT TOTAL Oil Indonesia merasa antusias dapat melibatkan semua pihak untuk berkontribusi dalam aksi kebaikan di bulan suci Ramadan melalui TOTAL Ramadan ‘Berbagi dan BerARTi’. “Kami ingin memberikan satu kebaikan nyata di bulan suci Ramadan khususnya kepada anak-anak yatim yang paling dimuliakan keberadaannya agar mereka dapat menikmati indahnya Ramadan. Kami antusias menggelar kegiatan TOTAL Ramadan ‘Berbagi dan BerARTi’ karena kami tak sekedar berbagi kebahagiaan dengan mereka, tetapi kami juga berupaya membekali dan memberdayakan mereka untuk memberi makna bagi kehidupan pribadi dan orang lain melalui kegiatan seni ini.”

Dilanjutkannya, “Di acara TOTAL Ramadan ‘Berbagi dan BerARTi’ ini, peranan setiap karyawan dan rekan media yang hadir menjadi sangat penting untuk membantu dan membimbing anak menyelesaikan proyek seninya. Acara ini mengusung konsep 1 Karyawan 1 Anak Yatim dan 1 Wartawan 1 Anak Yatim, artinya baik karyawan maupun wartawan yang hadir masing-masing diajak menemani anak yatim terpilih berkreasi dan berkarya seni menggunakan medium tas kanvas. Kami percaya di kegiatan positif ini nantinya akan terjalin interaksi langsung di antara seluruh pihak yang hadir. Bagi anak yatim, praktek singkat menggambar ini diharapkan dapat memperkaya keterampilan mereka, bahkan mungkin dapat dieksplor lebih jauh lagi sehingga bisa menjadi keterampilan yang dapat diandalkan untuk membantu mereka di masa yang akan datang. Sementara bagi karyawan dan media, ini menjadi kesempatan untuk berkontribusi langsung membantu anak-anak yatim dengan menjadi pembimbing untuk menyemangati mereka. Pesan kepedulian dan komitmen untuk sesuatu yang lebih baik ini lah yang ingin kami sampaikan melalui kegiatan ini.”

Di akhir acara, hasil karya dinilai oleh manajemen PT TOTAL Oil Indonesia. Setiap penilaian kemudian dikonversikan dalam nilai Rupiah tertentu, berkisar antara Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 500.000 per tas. Nilai total Rupiah yang berhasil dikumpulkan oleh salah satu panti akan disumbangkan ke panti lain yang juga mengikuti acara ini, dan demikian seterusnya. “Mekanisme inilah yang memberikan kesempatan bagi anak-anak yatim untuk berbagi dan memberikan makna bagi orang lain melalui karya seni mereka,” pungkas Emmanuel.

Sebanyak 100 anak yatim yang berasal dari 3 panti yaitu Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) yang dikelola oleh Yayasan Pemberdayaan Rakyat Miskin (YpaRaM) (40 anak), Yayasan Berkah Yatim Mandiri (30 anak) dan Yayasan Ilmaan Naafian (30 anak), mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Sebelum memulai proyek seninya, mereka dibekali pelatihan singkat seputar teknik menggambar oleh Ganara Art Studio yang disampaikan langsung oleh Art Director Tita Djumaryo.