TOTAL di Indonesia

Total Grup

TOTAL activities in the world

Total adalah salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, yang beroperasi di lebih dari 130 negara. Grup Total juga merupakan pemain utama dalam industri kimia. Total memiliki sekitar 93.000 orang karyawan yang menempatkan keahlian mereka untuk bekerja di berbagai sektor industri yaitu eksplorasi dan produksi minyak dan gas alam, penyulingan dan pemasaran, gas dan energi alternatif, perdagangan dan industri kimia. Total berupaya untuk membantu memenuhi permintaan global akan energi untuk hari ini dan besok.

Total di Indonesia

Total Oil Indonesia faces

Di Indonesia, Grup TOTAL diwakili oleh afiliasinya di sektor hulu dan hilir. Di bidang eksplorasi dan produksi (hulu), TOTAL E&P INDONESIE (TEPI) telah menjadi operator untuk Blok Mahakam di Kalimantan Timur sejak tahun 1968. TEPI merupakan produsen gas terbesar di Indonesia sejak tahun 2000 dan saat ini berkontribusi sebesar 82% dari keseluruhan pasokan Kilang LNG Bontang. TOTAL di memperluas aktifitasnya di luar area Mahakam dengan jumlah aset 15 blok di tahun 2012. Di sektor hilir, TOTAL di Indonesia diwakili oleh PT. Total Oil Indonesia (TOI).

Sebagai bagian dari peruwujudan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia, Total juga terlibat dalam pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat di bidang pendidikan dan penelitian, kesehatan dan gizi, pemberdayaan ekonomi lokal, lingkungan dan energi alternatif. Semuanya dijalankan dengan berkesinambungan dan konsisten, dengan komitmen penuh Total dalam menjawab tantangan pembangunan di Indonesia.

Komitmen Total diimplimentasikan melalui program tenaga kerja, dengan perencanaan yang ekstensif dalam mengembangkan tenaga kerja dan para manajer lokal melalui pelatihan dan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri, serta program pengembangan jenjang karir bagi karyawan baru. Total juga terus memperbesar jaringan kemitraan dengan perusahaan nasional dan secara signifikan membuka lahan pekerjaan baru. Saat ini diperkirakan terdapat 20.000 orang karyawan tetap bekerja di berbagai lokasi di Indonesia.

Total mulai mengembangkan sayapnya ke sektor hilir pada awal tahun 2003 melalui PT. Total Oil Indonesia (TOI), diawali dengan pelumas yang didistribusikan ke seluruh Indonesia di bawah bendera Total dan ELF. Pada tahun 2007, TOI mulai memasuki bisnis bahan bakar di Indonesia dengan Divisi Bahan Bakar Ritel dan Konsumen.

Suplai dan Pemasaran di Asia-Pasifik

Suplai dan Pemasaran hadir di pasar Asia Pasifik dengan berbagai macam produk dan layanan termasuk jaringan ritel, produk pelumas, Liquefied Petroleum Gas (LPG),  likuid spesial, bahan bakar pesawat terbang , aspal dan bahan bakar transportasi. Di wilayah ini, Total beroperasi di lebih dari 20 negara dengan lebih dari 3.500 karyawan di 53 afiliasi.

Aktivitas PT. Total Oil Indonesia

Total Oil Indonesia picture

Divisi Pelumas
Sektor Kendaraan Roda Empat dan Kendaraan Roda Dua

Total mengembangkan bisnis dan kemitraan dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan Original Equipment Manufacturer (OEM) seperti Peugeot, GM, BMW. Selain itu, Total juga mengembangkan bisnis dengan manufaktur kendaraan berkelas dunia seperti KIA dan Hyundai, serta bengkel otomotif di seluruh Indonesia menjadi program bisnis ke bisnis Total dan distributor.

Sektor Industri

Pelumas Total menawarkan rangkaian produk lengkap dari pelumas, grease dan beragam produk khusus bagi industri, seperti: kimia, energi, besi dan baja, metalworking, otomotif, peralatan manufaktur, semen, gedung, pembuatan kertas, industri pemrosesan pangan serta tekstil.
Pelumas Total telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dan ISO/TS 16949:2002 yang diperpanjang setiap 3 tahun. Sertifikasi ini adalah jaminan dari komitmen jangka panjang kami dalam menjaga kualitas produk dan pelayanan.

Sektor Fleet, Alat Berat dan Pertambangan

Total mengembangkan pelumas khusus untuk peralatan mesin dan sistem hidrolik bagi truk, pertambangan, perikanan, pertanian, traktor dan juga transportasi darat. Total memiliki beberapa perjanjian  dengan OEM pada sektor ini, termasuk perusahaan DAF, Volvo, Renault, MAC, Nissan dan Scania.
Di sektor Pertambangan, Total memiliki komitmen penuh dan dedikasi tinggi dalam mendukung kegiatan pertambangan dengan membentuk stock point di Balikpapan yang didukung dari Surabaya, Jakarta dan Singapura. Total juga telah berhasil mengembangkan on-site permesinan dan pertambangan untuk melayani pertambangan di Indonesia.

Ritel & Consumer Division

Pada tahun 2007 PT. Total Oil Indonesia memasuki bisnis bahan bakar di Indonesia dengan mengembangkan Divisi Bahan Bakar Ritel dan Konsumen. Bertujuan untuk memperkuat posisi pasar dan mengkonsolidasi produk Total dalam industri hilir di Indonesia.
Total memiliki beberapa rangkaian produk pada divisi ini, termasuk bahan bakar minyak, diesel kecepatan tinggi, bahan bakar aviasi, balap dan maritim.
TOI juga merupakan pemasok bahan bakar untuk berbagai macam sektor industri, mulai dari manufaktur, pembangkit listrik, pertanian serta pertambangan. Didukung dengan kapasitas 15.000 KL tangki yang berlokasi di Vopak Terminal Jakarta (VTJ), memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan manfaat dari supply point yang strategis di Jakarta. Kegiatan operasional di terminal internasional dilengkapi dengan sistem terminal otomatisasi yang memudahkan manajemen suplai dan untuk menjaga kualitas produk yang merupakan elemen kunci dalam distribusi bahan bakar baik bongkar muat melalui kapal laut dan truk.

PT. Total Oil Indonesia

Menara FIF, 15th Floor
Jl. TB Simatupang Kav. 15
Jakarta 12440

??