4 Faktor yang Berpotensi Merusak Pengendalian Mobil

4 Faktor

Berikut 4 hal yang dapat mempengaruhi pengendalian mobil Anda saat mudik atau melakukan perjalanan jauh. Perhatikan 4 hal ini dalam membangun #totalpositif dalam perlilaku berkendara kita bersama.

  1. Kondisi ban sanagat berpengaruh terhadap pengendalian mobil. Baik tekanan, ketebalan maupun luka yang terjadi pada ban. Pastikan kondisi ban kendaraan Anda dalam keadaan baik, tanpa coakan maupun benjolan. Pastikan juga ketebalan karetnya masih layak digunakan. Kemudian sesuaikan tekanan ban dengan rekomendas produsen mobil Anda.
  2. Ketinggian mobil sangat berpengaruh terhadap pengendaliannya. Jadi Anda membawa barang pada atap mobil, pastikan tertata dengan rapih pada roof rail atau idealnya pada roof box. Apapun yang ada miliki, pastikan semua barang tidak bergerak saat dalam perjalanan.
  3. Jangan sepelekan bobot mobil terhadap pengendalian termasuk kemampuan sistem pengereman mobil Anda. Walau kondisi rem mobil Anda prima, namun tetap lakukan pengereman sedikit lebih awal sebagai kompensasi bobot total mobil yang pastinya bertambah jauh dari biasanya.
  4. Bukan sekadar musuh pesawat, crosswind ini juga dapat mengganggu pengendalian mobil saat pada kecepatan di atas 100 km/jam. Inilah bahaya baru di jalan tol, terlebih jika Anda baru pertama kali melewatinya. Perlambat kendaraan Anda secara gradual sampai mobil dapat kembali dikendalikan dengan baik.

4 Faktor yang Berpotensi Merusak Pengendalian Mobil