Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berkendara di Jalan Raya

Tertib berlalu lintas adalah suatu kewajiban bagi semua pengguna jalan, siapa pun itu tanpa terkecuali. Sudah seharusnya kita tertib berlalu lintas dan menaati peraturan yang ada saat berkendara. Itu semua agar kita selamat sampai tujuan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Namun, nyatanya di jalan raya masih ada saja pengendara-pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas. Padahal, melanggar aturan dalam berlalu lintas dapat membahayakan diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya. Yuk mulai sekarang kita berbuat positif dengan tidak melakukan hal-hal di bawah ini saat sedang berkendara di jalan raya.

Hal sekecil seperti membuang sampah di jalan raya itu tidak diperbolehkan. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Tapi kadang ketika kita sedang di dalam mobil, tanpa sadar tangan membuang sampah seperti bungkus makanan ke luar jendela. Tahukah Anda dengan sampah yang Anda buang tersebut, bisa saja membahayakan nyawa orang lain. Kita bisa jadi lebih baik dengan menyiapkan tempat sampah di mobil sehingga tak mengotori jalanan. 

Yang kedua adalah jangan pernah nekat untuk melawan arus lalu lintas, karena selain membahayakan dirinya juga membahayakan orang lain. Melawan arus tidak boleh dilakukan apapun alasannya, karena dapat menyebabkan kecelakaan. Lebih baik mematuhi lalu lintas daripada melawan arus yang membuat kita celaka.

Ketiga adalah selalu berhenti di belakang garis stop saat lampu merah menyala. Hal ini masih banyak dilanggar oleh para pengguna jalan. Berhenti di depan garis saja tidak boleh, apalagi menerobos lampu merah. Biasanya hanya karena urusan sepele yaitu terburu-buru, tetapi dengan menerobos lampu merah ini Anda bisa membahayakan tidak hanya diri Anda tapi juga nyawa orang lain. 

Lalu juga jangan pernah masuk ke dalam jalur bis Transjakarta, yang hanya untuk bis Transjakarta itu sendiri. Tetapi seringkali kita temui pelanggaran ini, banyak juga hanya karena ikut-ikutan saja. Padahal ini sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri. Kalau mau lewat jalur busway ya naik bis Transjakarta saja. 

Terakhir adalah harus diingat jika jalan raya itu bukan tempat untuk parkir. Jadi ketika sudah kembali beraktivitas lagi setelah libur Lebaran, tetap taati peraturan lalu lintas dan jangan parkir di sembarang tempat. Karena sikap #totalpositif itu harus diamalkan setiap saat. Ingat kembali jika ada hak orang lain di jalan raya karena itu adalah tempat milik bersama. Yuk mulai sekarang lakukan hal yang positif seperti tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama