Sebelum Pergi Jauh, Tidak Hanya Mobil Yang Harus Prima Tapi Juga Pengemudinya

Sebelum Pergi Jauh, Tidak Hanya Mobil Yang Harus Prima Tapi Juga Pengemudinya

Tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman saat Lebaran selalu terjadi setiap tahunnya di Indonesia. Banyak warga masyarakat yang melakukan mudik ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Momen hari raya Idul Fitri memang identik dengan tradisi mudik ke kampung halaman atau sekadar silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Meski utamanya adalah kegembiraan, tapi gangguan kesehatan, dan bahkan kecelakaan lalu lintas juga mewarnai peristiwa mudik.

Nah, menjelang libur Lebaran, biasanya kebanyakan orang disibukan dengan hal-hal seperti kelayakan kendaraan pribadi, tiket mudik, barang bawaan, uang dan lain-lain. Sayangnya, kebanyakan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan jelang mudik.

Tidak hanya kondisi kendaraan saja yang dilakukan pengecekan, tapi juga kondisi si pengemudinya. Harus diingat jika mengemudi itu bukan pekerjaan yang mudah, karena butuh konsentrasi penuh dan juga kewaspadaan tinggi. 

Untuk itu, ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan kondisi fisik Anda sebelum mengemudi jauh untuk pulang ke kampung halaman. Dengan melakukan itu Anda akan terhindar dari resiko yang bisa merugikan Anda dan juga orang lain saat di perjalanan. Tidak ada salahnya kan untuk mengecek apakah diri Anda sudah layak untuk mengemudi dengan jarak tempuh yang jauh. 

Banyak terjadi kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran sering disebabkan karena sopir kurang konsentrasi akibat mengantuk, mabuk, dalam pengaruh obat-obat terlarang, maupun mengalami gangguan akibat penyakit yang membahayakan seperti tekanan darah yang sangat tinggi dan serangan jantung. 

Perjalanan panjang saat mudik sangat rentan menurunkan kondisi dan tingkat keawasan saat berkendara, akibatnya kita dapat membahayakan diri sendiri atau mobil lain di sekitar. Yuk luangkan waktu 30 menit setelah berkendara selama tiga jam agar stamina tetap terjaga hingga sampai di tujuan.

Usahakan juga hindari berkendara di malam hari, karena secara alamiah tubuh akan memilih beristirahat pada malam hari. Sebab jika dipaksa berkendara pada malam hari, ada potensi tubuh akan cepat lelah dan akhirnya membuat pengemudi mengantuk.

Selain itu, agar perjalanan mudik Anda aman dan nyaman pastikan Anda tidak lupa untuk membawa SIM, STNK, dan juga memakai GPS agar bisa menggunakan jalur lain jika memang menemukan titik kemacetan di jalan tol.

Keluarga di kampung halaman tentu gembira menyambut Anda sekeluarga tiba dengan selamat. Yuk biasakan jadi #totalpositif untuk semua orang saat berkendara di jalan.

?? ?? ?? ??