Tertib Berlalu Lintas Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Momen mudik Lebaran tahun 2018, merupakan waktu yang ideal untuk melakukan perjalanan jauh. Pasalnya para pengguna kendaraan pribadi kini dimanjakan dengan mulai tersambungnya banyak jalan tol dari Jakarta hingga ke Jawa Timur. Meski masih ada beberapa ruas jalan tol yang fungsional alias belum berfungsi sepenuhnya, tapi adanya jalan tol baru ini tentu akan memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan. 

Meski begitu kita harus tetap memperhatikan keselamatan diri dan keluarga saat berkendara jauh melalui jalan tol. Sebelum berangkat, ada baiknya mempersiapkan segala hal untuk keperluan selama di perjalanan agar tetap aman, nyaman, dan selamat sampai di tujuan.

Selain memastikan kelayakan kendaraan dan sediakan suku cadang selama di perjalanan, siapkan juga kecukupan saldo uang elektronik. Jangan terlalu cuek dan malah menggantungkan nasib Anda kepada pengendara lain di belakang Anda saat di gerbang tol. Jangan lupa, pastikan saldo uang elektronik cukup untuk perjalanan Anda. 

Patuhi rambu, marka dan arahan dari petugas sepanjang perjalanan. Jangan pernah berisitirahat di pinggir atau bahu jalan, usahakan cari tempat peristirahatan yang banyak tersebar di sepanjang jalan tol. Bagaimanapun, bahu jalan merupakan jalur darurat, sehingga ketika ada pengendara lain yang sedang mengalami kesulitan di depan dan lebih membutuhkan jalur darurat, ia dapat berhenti dengan tenang dan mendapatkan akses pertolongan dengan cepat dari pihak-pihak yang bewenang.

Perjalanan panjang sangat rentan menurunkan kondisi dan tingkat keawasan saat berkendara, akibatnya kita dapat membahayakan diri sendiri atau mobil lain di sekitar. Ada baiknya, luangkan waktu 30 menit setelah berkendara selama empat jam agar stamina tetap terjaga hingga sampai di tujuan. Gunakan waktu beristirahat juga dengan seefisien mungkin, karena banyak orang lain yang juga membutuhkan waktu beristirahat. 

Kedewasaan dan sikap positif pada saat berkendara akan memberi manfaat bagi pengendara lainnya. Jadilah #totalpositif bagi sesama pengguna jalan.