Mencegah Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Menjaga Kabin Mobil

Pergi menggunakan mobil tentu akan lebih nyaman jika suasana di dalam kabin wangi dan segar. Karena ketika berkendara dengan mobil, kabin adalah ruang yang paling lama bersentuhan dengan Anda. Apalagi jika terjebak dalam kemacetan Ibukota, tentu saja Anda tak ingin menambah stress dengan adanya aroma tak sedap pada kabin mobil.

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga agar kabin mobil tetap bersih dan wangi. Yang utama adalah dengan menjalankan konsep Total Healthy Cycle. Fungsi AC di dalam kabin mobil menjadi penting terutama jika tinggal di daerah tropis. Yang paling mudah adalah rutin melakukan penggantian filter AC kabin karena kondisi lingkungan yang berdebu, rentan menempel pada filter AC kabin.

Penggantian filter AC kabin juga diperlukan bagi pengendara dengan kebiasaan merokok dan menyantap makanan di dalam mobil yang dapat meninggalkan bau tak sedap di dalam mobil. Bila mobil dipakai setiap hari, filter AC kabin memiliki beban kerja cukup tinggi karena akan menyaring kotoran setiap saat. Untuk itu, penting dilakukan penggantian filter AC kabin setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km.

Selain mengganti filter AC, sebaiknya juga mengecek komponen yang satu ini, receiver dryer. Peranti yang lebih akrab disebut dengan dryer atau filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran serta air yang ikut terbawa saat terjadi proses sirkulasi bersama refrigerant. Di dalam sebuah receiver dryer terdapat dua komponen penting yakni dryer atau pengering dan juga filter.

Anda juga harus memastikan kondisi freon pada bagian atas receiver dryer tersebut, apakah terlihat bersih atau menghitam karena kotor. Jika pada bagian tersebut terlihat menghitam, berarti receiver dryer Anda kotor dan silahkan lakukan penggantian receiver dryer. Demi kesempurnaan, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan AC mobil secara menyeluruh di bengkel AC.

JIka dua komponen AC itu sudah beres, ada baiknya Anda mencoba untuk menggunakan air purifier. Ini bisa menjadi alternatif selain memakai bahan pengharum mobil aromaterapi alami (seperti cengkeh, kopi, daun pandan, aroma teh, dll).

Air purifier atau pemurni udara dalam kabin mobil ini bekerja dengan menyerap debu dan bau yang ada dalam kabin mobil (menyaringnya) kemudian mengeluarkan udara yang bersih dengan melepaskan ion-ion plasmacluster. Nah ion plasmacluster ini selain menyegarkan juga mampu membunuh bakteri dan jamur di dalam udara pada kabin mobil. Cara kerjanya mirip dengan AC akan tetapi ini lebih ke membersihkan dan memurnikan udara tanpa merubah suhu atau temperatur mobil.

Ada banyak jenis dan model air purifier ini yang dijual di pasaran. Harganya pun bervariasi. Tapi jangan lupa untuk selalu membersihkan air purifier ini ya. Apalagi jika selama perjalanan selalu menyala. Perawatan pemurni udara aftermarket ini cukup sederhana yakni dengan cara mencuci filter di air mengalir

 

Mencegah Bau Tak Sedap di Kabin Mobil