Merawat Mekanisme Katrol Pada Ban Serep

Merawat Mekanisme Katrol Pada Ban Serep

Ada beragam posisi peletakan ban serep di mobil. Ada yang ditaruh di bagasi, ada pula yang berlokasi di kolong mobil. Peletakan ban serep di luar memang bertujuan untuk meluaskan volume kabin. Tapi karena posisinya yang berada di luar, beragam potensi masalah juga bisa hadir. Contohnya ban serep yang berada di kolong mobil, debu dan kotoran tentu bisa jadi penyebab masalah.

Posisinya yang berada di kolong mobil tentu membuat ban cadangan ini semakin tidak terlihat fisiknya. Tapi jika tidak pernah digunakan, ada baiknya Anda tetap melakukan pengecekan secara berkala agar terhindar dari potensi masalah saat benar-benar dibutuhkan.

Tidak jarang kita jumpai penjual mobil bekas membanggakan ban serep mobil jualannya yang tidak pernah dipakai. “Ban serep belum turun, ban serep belum pernah dipakai,” jadi iming-iming mobil mereka masih berada dalam kondisi layaknya baru. Ban serep yang belum pernah ‘turun’ mungkin jadi indikasi positif akan kondisi ban masih bagus.

Tapi sebaiknya Anda waspada, jika ban serep kolong mobil yang diklaim belum pernah dipakai. Mekanismenya bisa jadi berpotensi bermasalah karena berbagai sebab. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi.

Bayangkan saat Anda membutuhkan ban serep, mekanisme katrolnya malah macet dan ban serep tidak mau turun. Bagaimana cara merawat dan mencegah kerusakan mekanisme katrol ban serep? Simak ulasannya berikut.

Potensi Kerusakan Katrol Ban Serep

Posisi yang berada di kolong mobil adalah penyebab utamanya. Debu dan kotoran jadi mudah sekali hinggap karena posisinya yang berada di luar. Tidak hanya itu, cipratan air hujan di kolong kendaraan juga berpotensi mengundang karat.

Potensi kerusakan semakin besar bagi Anda yang gemar melintasi medan off-road. Lumpur bahkan bisa mengendap di area katrol dan rantai/sling, sehingga berpontensi membuat mekanismenya macet.

Masalah utama ban serep kolong adalah mekanisme katrolnya yang macet. Penyebab macet bisa beragam, yang paling umum adalah banyak karat di as katrolnya. Selain itu, macetnya katrol bisa disebabkan faktor usia komponen. Karena katrol itu selalu menopang bobot pelek dan ban serep. Lama-lama guide rail bisa bengkok dan menyebabkan rantai bergesekan dengan housing katrol.

Solusi dan Perbaikan Kerusakan

Jika guide rail bengkok atau banyak karat, rantai akan bergesekan dengan housing. Akibatnya rantai akan macet dan membuat ban serep tidak bisa bergerak naik atau turun. Solusi yang direkomendasi tentu ganti baru. Tapi jika bengkoknya belum parah, masih bisa diperbaiki dengan ditekuk tang.

Hindari juga untuk memberikan oli atau gemuk pada rantai, karena justru mengundang debu menempel. Jangan pula membersihkan rantai dengan menggunakan bensin. Cat hitam pada rantai bisa mengelupas dan malah berpotensi menghadirkan karat.

Jika ingin memberi pelumasan, sebaiknya hanya terbatas pada komponen di dalam katrol saja. Misalnya pada as, gear, pinion gear, dan guide rail-nya. Sebaiknya pakai grease, agar tidak mudah mengering. Tapi jangan terlalu banyak, karena jika mengeras malah bisa membuat macet katrol.

Perawatan Berkala Katrol

Ada cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia katrol. Caranya adalah dengan melakukan perawatan dan pembersihan. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Hal pertama adalah turunkan dulu ban serepnya. Kemudian lepas katrol dengan membuka dua buah baut pengikatnya. Setelah terlepas, lanjut dengan melepas pin pengunci menggunakan tang kecil dan cabut as katrol.

Selanjutnya buka dua buah sekrup pengikat housing katrol menggunakan obeng. Hafalkan posisi mekanismenya, agar tidak kesulitan saat merakitnya kembali. Bisa juga dengan cara difoto untuk mengingatnya. Setelah komponen terlepas, Anda bisa melakukan pembersihan komponen katrol dengan menggunakan cairan penetran atau bensin. Tapi usahakan bensin tidak mengenai komponen yang dicat, seperti rantai dan housing.

Setelah bersih, Anda bisa memberikan grease pada komponen as, gear, pinion gear, dan guide rail. Jika rantai kotor, bisa bersihkan menggunakan lap dengan bantuan air sabun. Setelah selesai, rakit kembali seluruh komponen. Pastikan rantai berada pada tonjolan yang tersedia pada gear, jika meleset rantai akan macet.

Merawat Mekanisme Katrol Pada Ban Serep